Pages

22 Des 2012

10 Masjid Terindah di Dunia



1. Masjid Al Haram, Makkah, Saudi Arabia

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Duniamencakup area seluas 400.800 meter persegi serta dapat menampung hingga 4 juta jamaah.Terletak di kota Mekah, masjid tersebut mengelilingi Ka’bah, tempat orang Muslim menghadap di waktu shalat sehari-hari dan dianggap sebagai tempat tersuci di bumi oleh umat Islam. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung. 

2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi


Berkas:Flickr - omar chatriwala - The "Enlightened" City.jpg




Masjid An-Nabawi sering disebut juga sebagai Masjid Nabi, salah satu alasannya adalah masjid ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Nabi umat Islam Muhammad SAW.
Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, tempat makam Nabi Muhammad SAW berada. Bangunan asli dari masjid ini adalah bangunan yang terbuka. Masjid ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan masyarakat, pengadilan serta sebuah sekolah agama.  
 


3. Masjid Al-Aqsa, Jerusalem, Palestina





secara luas masjid ini dianggap sebagai yang ketiga tersuci situs dalam Islam, umat Islam percaya bahwa nabi Muhammad SAW itu diangkat dari Masjidilharam di Mekah ke Al-Aqsa selama Perjalanan Malam.    
   

 4. Masjid Zahir, Kedah, Malaysia

 



Bangunan bersejarah ini terletak di tengah-tengah bandar raya Alor Setar. Masjid Zahir merupakan mercutanda yang terkenal di Alor Setar, dengan ciri kubah hitam - satu kubah utama dan lima kubah lebih kecil, yang melambangkan limat rukun Islam.


5. Masjid Omar Ali Saifuddin


Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Islam yang berpusat di ibukota Kesultanan Brunei Bandar Seri Begawan. Salah satu masjid termegah di dunia ini dibuat secara spektakuler di kawasan Asia Pasifik.       



6. Masjid Taj'ul, Malaysia 

 


Sesuai namanya, merupakan "mahkota para masjid". Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultah Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Karena masalah dana, pembangunan masjid ini terlambat pembangunannya sampai tahun 1971. Masjid ini dianggap menjadi salah satu masjid terindah di India.

7. Masjid Baiturrahman, Aceh, Indonesia


Masjid yang terletak di tanah air Indonesia ini dulunya merupakan masjid kesultananan Aceh. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. 

8. Masjid Sultan, Singapore


Masjid Sultan , terletak di Muscat Street and north Bridge Road di Kampung Glam Kabupaten Rochor Wilayah di Singapura. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid yang paling penting di Singapura. 

9. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan


Masjid Faisal terletak di bagian Utara kota Islamabad serta merupakan masjid yang paling besar di Pakistan bahkan se-Asia Selatan. Dengan bentuk yang unik, membuat masjid ini masuk ke dalam masjid terindah di Dunia. Masjid ini berbentuk layaknya sebuah tenda dengan bentuk kubah yang tak sama dibandingkan masjid lain pada umumnya. Keindahan masjid ini pernah di singgung dalam novel karya Khaled Hosseini yang berjudul The Kite Runner.   




10. Masjid Baitul Mukarram, Dhaka, Bangladesh
 



ini adalah masjid nasional dari Bangladesh. Terletak di jantung kota Dhaka, ibukota Bangladesh, masjid ini didirikan pada tahun 1960-an. Memiliki kapasitas 30.000 orang, masjid ini menjadi 10 Masjid terbesar di dunia. Karena banyak orang muslim yang beribadah di sana, pemerintah bangladesh telah memutuskan untuk menambahkan ekstensi (pelebaran) masjid.

0 komentar:

Posting Komentar